Titik Awal Melemahnya Kesultanan Cirebon, Perjanjian Persahabatan VOC-Raja Bersaudara dari Cirebon

oleh -252 views
7 Januari 1681 menjadi penting karena ditandatanganinya sebuah perjanjian persahabatan antara VOC dengan tiga Pangeran dari Cirebon. (Arsip)

CARUBAN NAGARI-7 Januari 1681 menjadi penting karena ditandatanganinya sebuah perjanjian persahabatan antara VOC dengan tiga Pangeran dari Cirebon yang terjadi pada tanggal tersebut. Sejak saat itulah Cirebon berada dalam genggaman VOC.

Berdasarkan salah satu isi perjanjian tersebut diterangkan bahwa tiga Pangeran dari Cirebon berterima kasih kepada VOC atas pertolongan yang telah diberikan. Di sisi lain, apabila Cirebon berada dalam masalah atau kesusahan ia wajib meminta pertolongan kepada VOC. Misalnya Cirebon diserang oleh negara lain atau diganggu oleh para perompak maka VOC akan memberikan pendampingan juga perlindungan untuk Kerajaan Cirebon beserta seluruh rakyatnya.

VOC menjelaskan dan berjanji untuk melindungi tiga Pangeran dari Cirebon,negara dan rakyatnya termasuk para keturunannya dari serangan musuhmusuhnya. Di mana musuh-musuh Cirebon juga termasuk musuh-musuh VOC sendiri.

Merujuk pada arsip Perjanjian 7 Januari 1681, apabila terjadi perselisihan dengan sekutu VOC lainnya, maka VOC akan menjadi juru perantara perundingan dengan syarat bahwa tiga Pangeran dari Cirebon akan menerima saran-saran terbaik dari VOC. Tetapi apabila para raja dan rakyat Cirebon harus menyatakan perang dengan suatu pihak lainnya, maka terlebih dahulu harus memberitahu pihak VOC dan mendapatkan persetujuan darinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.