Tempat Wisata Dibuka, Warganet Bilang Kalau Mudik Lewat Jalur Piknik

oleh -66 views
Lawancovid19_id mengunggah meme sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan satu anaknya sedang berjalan sambil membawa koper. (Foto : Instagram @

CARUBAN NAGARI-Mudik lokal atau mudik anglomerasi boleh dilakukan untuk delapan wilayah saja. Mudik ini diperbolehkan meski sudah masuk dalam kebi­jakan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Lawancovid19_id mengunggah dua meme. Pertama, seorang pria yang mengenakan baju koko dan peci sedang menata koper di atas motornya. Meme kedua, sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan satu anaknya sedang berjalan sambil membawa koper.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 Tahun 2021, ditentukan ada 8 kawasan yang dipebolehkan melakukan perjalanan lokal saat masa peniadaan mudik,” tulis lawancovid19_id.

Kedelapan kawasan tersebut adalah satu aglomerasi di Pulau Sumatera (Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo), enam aglomerasi di Pulau Jawa (Jabodetabek, Bandung Raya, Yogyakarta Raya, Solo Raya dan Gerbangkertosusila) serta satu aglomerasi di Sulawesi (Maminasata).

“Tidak mudik lebih bijak, mari #DiRumahAja untuk cegah Covid-19,” ajak lawancovid19_ id dalam captionnya.

Kebijakan pemerintah pusat yang memperbolehkan mudik lokal disambut riuh netizen.

Yang pro mengatakan, mudik lokal tidak masalah karena mobilitas terjadi pada satu wilayah epidemiologis yang sama. Sementara, yang kontra menilai mudik lokal tetap rawan penularan Covid-19.

Akun @Pemalangan mengatakan, pemerin­tah resmi melarang mudik Lebaran tahun ini. Pembatasan kegiatan bepergian keluar daerah berlaku selama 6-17 Mei.

“Tapi, pemerintah menetapkan sejumlah wilayah aglomerasi yang dapat pengecualian pergerakan kendaraan,” kata dia.

“Mudik lokal di 8 wilayah, 36 kota diper­bolehkan,” sahut @humaspoldajbr.

Diko menimpali. Kata dia, meski ada larangan mudik, tetap ada kelonggaran buat mudik lokal. Yang masih di wilayah aglomerasi (berdekatan) boleh mudik, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Akun @lokadata menambahkan, pemerintah melarang mudik jauh tapi mengizinkan mudik lokal. Bahkan, membolehkan tempat wisata buka. “Bentuk pemakluman bahwa orang tak bisa di rumah terus,” kata dia.

“Karena nggak semua wilayah dilarang mudik. Namanya mudik lokal. Tetap pake masker dan jaga jarak agar aman dari penularan Covid-19,” wanti-wanti @mamaciaa.

“Kenapa mudik dilarang, tapi tempat wisata dibuka selebar-lebarnya? Apakah Corona tidak punya tiket wisata atau bolehkah wisata di kampung halaman?,” tanya @gatse8.

Akun @marufins menjawab. Kata dia, mudik dilarang karena terjadi mobilitas antarwilayah epidemiologis yang berbeda. Sehingga, terbuka potensi kenaikan status pada wilayah yang risikonya lebih rendah.

“Wisata lokal diperkenankan karena mobilitas terjadi pada satu wilayah epidemiologis yang sama,” jelas dia.

Akun @Cak_Hariy setuju dengan diizinkannya mudik lokal. Tujuannya, agar ekonomi tetap bergerak. Yang harus dilarang adalah penerbangan internasional yang sangat ber­potensi membawa Covid-19.

Sementara, Mecodol menyindir.”Kalau mau mudik dari Jakarta ke daerah jangan lewat jalur mudik, karena pasti dilarang, tapi pilih jalur piknik yang memang diperbolehkan,” saran dia.

Wirah87 tidak sepakat dengan kebijakan mudik lokal. Kata dia, meski mudik lokal, biasanya setiap ada libur panjang pasti kasus Covid-19 meningkat. “Nanti yang disalahkan lagi kepala daerahnya,” katanya.

“Setuju, mudik lokal juga dilarang kar­ena akan menyebabkan lonjakan penyebaran Covid-19,” tandas @Catatan_ali7. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.