Tawuran Menyegarkan di Cirebon

oleh -30 views
Es Tawuran Cirebon (Twitter @put_amalianti)

CARUBAN NAGARI-Jika mendengar kata “tawuran”, apa yang ada di pikiran Anda?

Kata “tawuran” mungkin identik dengan perkelahian antar anak sekolah. Seperti yang terjadi belakangan ini, sekelompok remaja tawuran membawa senjata tajam sambil kebut-kebutan membawa sepeda motor di Jl Raya Plumbon, Kabupaten Cirebon, Senin sore (4/1/2021).

Namun di Cirebon ada tawuran yang berbeda dan ini adalah hal yang positif, menyegarkan tenggorokan, dan mengenyangkan. Tawuran yang satu ini juga rasanya dingin dan manis. Ada yang bisa menebak?

Ya, tawuran yang dimaksud adalah jajanan es yang ada di Cirebon. Dinamakan es tawuran karena banyak sekali bahan yang dimasukkan ke dalamnya. Ada alpukat, nangka, kelapa, timun suri, dan melon. Setelah itu, dicampur menggunakan sedikit santan, gula, susu, dan es batu.

Sekilas terlihat mirip dengan es campur tapi nyatanya berbeda. Bedanya dalam es tawuran ditambahkan nata de coco dan irisan jelly. Penyajiannya pun menggunakan batok kelapa. Sangat unik dan terasa tradisionalnya.

Sayangnya, saat ini banyak penjual es tawuran yang tidak lagi memakai batok kelapa melainkan dengan mangkuk atau wadah plastik biasa. Namun Anda tidak perlu khawatir.

Apabila ingin mencicipi es tawuran yang masih menggunakan batok kelapa, datanglah ke penjualnya yang beralamat di Jl. Fatahillah, Setu Kulon, Kec. Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Lokasi es tawuran ini tepat di depan SD Negeri 2 Setu Kulon. Letaknya juga tak jauh dari Kawasan Wisata Batik Trusmi. Jadi Anda pun bisa mampir setelah jalan-jalan di sana.

Penjual es tawuran di tempat ini sudah buka sejak tahun 2005. Mereka melayani pembeli setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 6 sore. Tempat ini juga sangat mudah dijangkau terlebih lagi jika Anda menggunakan ojek online.

Es tawuran juga dapat dengan mudah Anda temui di Warung Es Tawuran yang terletak di Jalan Ir H. Juanda No.24, Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat.

Harga Es Tawuran di warung es ini sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000 per gelasnya. Selain Es Tawuran, di sekitar warung es ini Anda dapat menemukan berbagai warung yang menjual makanan khas Cirebon lainnya seperti Empal Gentong, Empal Asem, hingga Nasi Lengko. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.