Saat Polmah Kraton Kasepuhan Shalat Jumat Berjemaah di Masjid Sang Cipta Rasa

oleh -28 views

CARUBAN NAGARI-Polmah Kraton Kasepuhan Jumat, (28/5/2021), melaksanakan shalat Jumat di Masjid Sang Cipta Rasa.

Shalat Jumat ini merupakan agenda yang akan dilakukan Polmah Kraton Kasepuhan mengingat di masjid tertua Jawa Barat ini. Sunan Gunung Jati mewariskan banyak tradisi yang terus terpelihara sejak kini. Seperti misalnya, dikumandangkannya adzan pitu setiap Shalat Jumat.

Adzan itu dikumandangkan oleh tujuh orang muadzin secara bersamaan. Tradisi tersebut, hanya berlaku di masjid ini. Tidak ada masjid lain di Indonesia bahkan di dunia yang memiliki tradisi seperti ini.

Polmah Kraton Kasepuhan tiba di masjid sekira pukul 11.47 WIB.

Mengenakan masker, pemindaian suhu tubuh sebelum masuk ke dalam masjid.

Setibanya di masjid, Polmah Kraton Kasepuhan terlebih dulu melaksanakan shalat sunat tahiyyatul masjid di dalam Krapyak Kasepuhan.

Ia berpesan, agar dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan bermuamalah, bahwa semua adalah saudara. Ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam) harus dijaga, jangan saling menyalahkan, saling mencemooh, menfitnah dan menjelekkan. Itu bukan budaya kita, tidak sesuai dengan nilai kesantunan dan kesopanan,” tuturnya.

Rahardjo juga menekankan pentingnya menjaga ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sesama warga bangsa). Ia menegaskan, sebagai bangsa kita berbeda-beda, ada beda suku, bahasa, tetapi semua bersaudara. “Ini harus kita jaga. Oleh sebab itu, ukhuwah wathoniyah, persaudaraan ini harus kita jaga sebaik-baiknya. Ini sudah kodrat Allah. Tidak ada bangsa lain selain indonesia yang begitu beragam. Negara lain paling berapa. Kita ini beragam,” tutur Rahardjo Djali.

Sekali lagi saya titip jaga ukhuwah islamiyah kita, ukhuwah wathoniyah. Kita jaga dengan baik, semoga Allah selalu menjaga kita, bangsa kita,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.