Saat Operasi SAR Sriwijaya Air SJ-182, Bakamla Cegat Kapal Survei China Xiang Yang Hong 03

oleh -213 views
Kapal survei atau research vessel Xiang Yang Hong 03 berbendera China yang dicegat Bakamla di Perairan Selat Sunda, Rabu (13/1/2021) (Sumber: Dok. Bakamla)

CARUBAN NAGARI-Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) mencegat kapal survei berbendera China di Selat Sunda pada Rabu malam (13/1/2021).

Baca:

Xi Jinping Terkejut Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Serpihan Roket di Perairan Kumai, Berlogo CNSA Milik Badan Antariksa China

Begini Canggihnya KRI Rigel yang Bantu Cari Pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang Jatuh

Kapal survei China Xiang Yang Hong 03 ini diketahui sedang berlayar di perairan Selat Sunda dengan kecepatan 10,9 knots dan haluan ke barat daya.

Berdasarkan pantauan, kapal tersebut telah mematikan Automatic Identification System (AIS) sebanyak tiga kali selama melintasi alur laut kepulauan Indonesia.

AIS merupakan sistem pelacakan kapal otomatis yang memberikan informasi tentang keadaan kapal baik posisi, waktu, haluan dan kecepatannya untuk kepentingan keselamatan pelayaran.

“Xiang Yang Hong 03 diketahui telah mematikan AIS saat berada di Laut Natuna Utara, Laut Natuna Selatan dan Selat Karimata,” ujar Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/1/2021).

Wisnu menjelaskan langkah mencegat vessel Xiang Yang Hong 03 ini dilakukan saat Bakamla ikut menjadi bagian dalam operasi SAR jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.