Mencari Terang Petengnya Sultan Matangaji (Tamat)

oleh -251 views
Kraton Kasepuhan Tahun 1920 (Tropenmusuem)

SEBAGAI tokoh penting, adalah wajar ketika seorang sultan memiliki banyak peninggalan. Bisa disejajarkan dengan Pangeran Cakrabuwana, yang memiliki banyak tinggalan (petilasan).

Satu di antara peninggalan Sultan Matangaji, menurut cerita yang beredar di lingkungan sekitar yaitu Situs Matangaji. Situs ini, konon dahulu pernah digunakan oleh Sultan Matangaji sebagai markas pasukan gerilya saat menggadapi tentara Batavia.

Uraian di atas, dikutip dari Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, Volume (8), Issue (2), Desember 2020, berkorelasi dengan hipotesis dari Tim Balai Arkeologi Bandung, berdasarkan bukti pecahan keramik yang diketemukan di titik lokasi, tanggal 7 Maret 2020. Diperkirakan di area Situs Matangaji sudah ada aktivitas manusia sejak abad ke-17 atau abad ke-18, jauh sebelum Sultan Matangaji.

Konon, di sana, terdapat sebuah lorong bawah tanah yang menghubungkan Situs Matangaji dengan Gua Sunyaragi, yang mungkin keduanya sebagai bagian yang tak terpisahkan, meskipun hingga saat ini kebenarannya belum dapat dibuktikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.