Ini Alasan Kucing Tiba-tiba Hilang dan Bisa Pulang ke Rumah Tanpa Tersesat

oleh -61 views
Kucing (Foto: tractive)

CARUBAN NAGARI-Kucing adalah hewan yang disebut sulit dibuang. Jika kita membuang hewan sahabat manusia tersebut ke tempat yang tak seberapa jauh, dengan mudah hewan berkaki empat itu kembali ke rumah kita.

Meski banyak yang mengatakan ini ada kaitannya dengan hal-hal gaib, ternyata ada penelitian yang bisa menjelaskan fenomena tersebut.

Kucing bisa pulang ke rumah setelah beberapa hari menghilang bukan karena mereka hafal alamat rumah pemiliknya. Alih-alih punya GPS, alasan kucing bisa kembali pulang karena ia membutuhkan keamanan dan makanan.

Dikutip dari Time For Paws, (22/2/2021), prioritas seekor kucing adalah selalu tempat yang aman untuk ditinggali dengan sumber makanan yang dapat diandalkan. Jadi mungkin ini alasan ia bisa kembali pulang. Kucing tidak menyukai perubahan.

Selain itu, keterikatan utama mereka adalah pada suatu tempat, bukan pada seseorang. Namun pada akhirnya kucing tetap memiliki ikatan dengan manusia agar mereka tetap aman. Kucing secara naluriah tahu kapan mereka berada di tempat yang tepat dan terampil menemukannya lagi setelah menjelajahi daerah setempat. 

Dikutip dari How does a lost animal find its way home? Berdasarkan penelitian Matthijs van der Meer dari University of Waterloo, mengungkapkan bila ada beberapa kemampuan spesial kucing yang membuat mereka ingat jalan pulang meski jaraknya sangat jauh. Kemampuan itu adalah ‘memory’, ‘landmark’, ‘navigasi takson’, dan ‘mental map’

Kucing disebut Matthijs memiliki ingatan (memory) yang kuat akan hal-hal di sekitar mereka. Saat dibawa kemana-mana, mereka bisa mengingat jalan hingga posisi tempat-tempat yang mereka lalui.

Selain itu, ilmuwan juga memprediksi bila hewan peliharaan ini mempunyai indera khusus yang bisa merasakan gaya magnet meski lemah. Indera ini berguna untuk menentukan di arah mana laut berada (landmark). Dengan pedoman posisi arah laut, kucing bisa berjalan tanpa khawatir salah arah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *