Ada Artefak Peninggalan Nabi Muhammad, Ini Penampakannya

oleh -83 views
Surban, salah satu artefak peninggalan Nabi Muhammad yang dipamerkan di Ramadhan Fest 2021.

CARUBAN NAGARI-Sebanyak 35 artefak Rasulullah SAW dipamerkan dalam Ramadhan Fest 2021, Senin (3/5/2021).Sebelum masuk, pengunjung pameran artefak baginda Nabi dan para sahabat itu diberikan suguhan tontonan pendek tentang sosok Rasulullah sejak lahir hingga wafat.

View this post on Instagram

A post shared by Sudin Kominfotik Jakarta Utara (@kominfotik_ju)

Setelah itu mereka diarahkan untuk masuk ke dalam ruang pameran secara bergiliran. Di dalam berjejer benda-benda peninggalan Rasulullah SAW seperti busur panah, sorban, bekas tapak kaki dan masih banyak lagi.Artefak paling menonjol adalah alas kaki Nabi yang terbuat dari kulit unta yang merupakan hadiah dari Syiria. Telapak kaki Nabi juga tercetak semasa memasuki Taif untuk pertama kali.

Ini Dia 35 Artefak Peninggalan Nabi Muhammad dan Para Sahabat

Melihat peninggalan Rasullah tersebut membuat jiwa pengunjung bergetar.Seperti yang dialami Nurjannah (56) yang menangis melihat benda-benda artefak jaman Rasulullah Saw. Ia sangat terharu pada alas kaki, tongkat dan busur beliau.

“Begitu besar perjuangan untuk umat islam. Anak saya ngeliat ini sampe ke Turki habis Rp20 juta. Ketika ada pameran disini saya senang sekali dan membantu agar umat Islam mengenang pemimpin -pemimpin umat Islam.

Artefak lainnya seperti kantong kulit yang senantiasa dibawa Rasulullah saat shafar maupun saat berperang seperti Perang Badar dan Perang Khandak. Kantung kulit yang terbuat dari kulit unta, yang berkapasitas 25 orang saja. Setelah beliau wafat lalu diwariskan kepada Saidin Ali Zainal Abidin.

Kemudian ada juga tongkat yang Rasulullah senangi adalah tongkat bernama Al Saaja, tongkat peninggalan dari nabi Ibrahim. Tongkat Rasullah banyak terbuat dari Kayu Al Ayusiah dan Kayu Lus Putih.

Ini Dia 35 Artefak Peninggalan Nabi Muhammad dan Para Sahabat

Guna mengenang perjuangan Nabi Muhammad SAW membela Islam dipamerkan juga busur panah, busur komando untuk menandakan mulainya pertempuran di medan perang. Busur panah berukuran panjang 160 sentimeter dengan berat 929 gram dan terbuat dari kayu Al Ayusiah, dan anak panah terbuat dari walnut.

Cemeti kulit digunakan semasa menunggang unta atau kuda. Terbuat dari kulit dan berbentuk tali dan ada juga berbentuk lurus.

Artefak yang digemari oleh pengunjung lainnya yakni surban/imamah yang paling sering digunakan Rasullah SAW. Surban ini diberikan kepada sahabatnya Mu’adz bin Jabal. Beliau memiliki banyak sorban/imamah terbuat dari serat kayu, kain, dan kulit unta berukuran 5 meter berwarna hitam dan hijau. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *